Web dan Grafis Desain
Author
Sharing is Beautiful.
Kp. Bumi Godean RT.01 RW.06
Wonosobo , Jawa Tengah
56311
Indonesia
alfirous@yahoo.com
081215880929
DOB: 09/03/----
Maaf web sedang dalam perbaikan setelah vakum dalam waktu yang lama.

Hari Pahlawan



Mbah Qopet - Hari Pahlawan diperingati setiap tanggal 10 November. Hari dimana terjadi pertempuran hebat antara arek-arek Suroboyo dengan serdadu NICA yang diboncengi Belanda.

Menjelang tahun 1950-an, Presiden Soekarno menetapkan tanggal tersebut sebagai Hari Pahlawan. Sebagaimana diusulkan Sumarsono, mantan pimpinan tertinggi gerakan Pemuda Republik Indonesia (PRI) yang ikut ambil bagian dalam peperangan sengit itu.Lantas kenapa Bung Karno memilih peristiwa itu sebagai simbol kepahlawanan yang setiap tahun diperingati?

Menurut sejarawan Universitas Indonesia (UI) JJ Rizal, Bung Karno sengaja memanfaatkan momentum itu untuk melegitimasi .peran militer dalam perjuangan merebut kemerdekaan. Sehingga nilai kepahlawanan tersemat dalam sebuah perjuangan melawan agresi militer. Untuk memobilasi kepahlawanan secara militeristik, makanya 10 November dijadikan Hari Pahlawan,

Setelah Hari Pahlawan ditetapkan, figur-figur yang secara historis ikut berjuang pun diberi gelar kepahlawanan. Meskipun pada perjalanannya tolok ukur kepahlawanan ini tidak mutlak dilihat dari sisi sejarah, melainkan dicampuri kepentingan rezim penguasa.

Pada masa Soekarno, tokoh-tokohnya 50 persen masih bisa dipertanggungjawabkan. Tapi mulai zaman Soeharto. Indonesia menjadi negara yang terus memproduksi pahlawan dengan penilaian yang lebih cenderung pada pertimbangan politik,” ujarnya. Dimana pahlawan lebih banyak berasal dari lembaga Kemiliteran atau Kepolisian.

Mengenai makna Hari Pahlawan sendiri saat ini lebih mengedepankan unsur seremoni belaka, tanpa menghayati nilai-nilai perjuangan yang dipesankan oleh para pahlawan ini.

Padahal yang terpenting adalah mengambil tauladan dari nilai-nilai perjuangan untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Akan menjadi ironi jika memperingati hari pahlawan sebatas seremoni.

Saat ini kita sudah kehilangan warisan nilai-nilai perjuangan yang dibawa oleh para pahlawan. Semua sekarang penuh dengan kepentingan diri sendiri.
"Tak ada kata Terlambat untuk mengingatnya"

40 komentar :

  1. bruakakkakka =)) =)) pertamax lageee ane,, =)) selamat hari pahlawan mbah,, maju terus indonesia :D

    BalasHapus
  2. merdeka ato mati? pilih mana?

    moga2 bangsa Indonesia makin bisa menghargai jasa2 pahlawan mereka. karena bangsa yg baik ialah bangsa yg ingat akan jasa2 pahlawanny :D

    BalasHapus
  3. @Rama88 : selamat pertamaXnya dan selamat hari pahlawan juga semoga Indonesia makin maju.
    @Cek Info : Merdeka pastinya , amin :)

    BalasHapus
  4. Sedih liat masyarakat Indonesia, pada saat upacara pahlawan nasional tadi, gak ada sama sekali mobil-motor yang stop untuk meluangkan waktunya 30 detik buat nyanyi lagu menghaningkan cipta.

    BalasHapus
  5. Selamat hari pahlawan buat semua,
    kita tak turut lupa mengenang jasa pahlawan

    BalasHapus
  6. @DAW-XP : ikut sedih mas :( , tapi untungnya di kota saya suasana pas Upacara sepi mas :)
    @Torayasurabaya : selamat sobat , semoga jasa mereka tidak dilupakan

    BalasHapus
  7. bangsa yang maju adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya :)

    BalasHapus
  8. @BAY : dan tidak akan pernah melupakannya :D

    BalasHapus
  9. Mau ngucapin Selamat Hari Pahlawan aja deh disini... Merdekaaa...

    BalasHapus
  10. @Wahyu Twister Blog : merdeka :D

    BalasHapus
  11. seelamat hari Pahlawan untuk bangsa indonesia
    Terima kasih buat para pahlawan indonesia yang telah memperrjuangkan negara ini daru dulu sampai sekarang


    Google Stop Gmail untuk Blackberry
    MERDEKA

    BalasHapus
  12. Selamat Hari Pahlawan yah :D

    BalasHapus
  13. happy hari pahlawan kawan ...
    Merdeka ...

    BalasHapus
  14. mantap temanya, semoga kita makin menghargai pahlawan2 yang telah gugur mendahului kita amin

    BalasHapus
  15. Ya,sekarang dah pada tahu enaknya hidup merdeka :D
    So,lupa ama perang2 atau jasa 2 mbah-mabhe yg berkorban..... :-/

    BalasHapus
  16. kalo saya lihat backgroundnya putih.tulisannya putih,,jadi melebur..
    tetap oke, karena sya nggak bisa :)

    BalasHapus
  17. Selamat hari pahalawan

    meskipun telat ^_^

    BalasHapus
  18. wahhh ketinggalan jauh nih di disnin :D selamat hari pahlawan 10 November ya sob :) semoga makin cinta dan betah diindonesia :))

    BalasHapus
  19. Selamat hari pahlawan, semoga kita bisa senantiasa untuk menghargai jasa para pahlawan

    BalasHapus
  20. Selamat Hari pahlawan..semoga kita bisa mewarisi semangat juang para pahlawan kita dahulu dalam memperjuangkan kemerdekaan ini sehingga kita bisa menikmatinya sekatrang ini

    BalasHapus
  21. mampir sini ah sobat sambil nunggu p[ostingan anyarnya :)

    BalasHapus
  22. sayang pemerintah jaman sekrang kaya udah lupa sama semua jasa2 pahlawan tempoe doeloe ...banyak pahlawan2 revolusi yg terlantar skrang ,,,,

    BalasHapus
  23. Wow Postingann keren.

    SElamat hari pahlawan #TELAT

    BalasHapus
  24. merdeka. :D
    semoga Indonesia tak siakan perjuangan para pahlawan yg sudah bersusah payah membari Merdeka INDONESIA, :)

    BalasHapus
  25. mari kita sebagai penerus bangsa hendaknya dapat meneruskan cita-cita kita untuk dapat membangun negara ini menjadi maju

    BalasHapus
  26. Merdeka...merdeka...merdeka.Sekali merdeka tetap Merdeka

    BalasHapus
  27. merdeka lin k sy belum di psang ea

    BalasHapus
  28. Met hari pahlawan 10 november.

    BalasHapus
  29. Nice post sahabat.. Melihat keadaan sekarang gak tau mana yang disebut pahlawan, yang banyak keliatan cuman koruptornya saja gan.. Hari pahlawan yang setiap tahunnya diingat apakah betul jasanyapun diingat, yah mungkin tapi hanya sekedar ucapan belaka implementasikan jauh sangat BERBEDA! :D

    BalasHapus
  30. kalau ditempat saya nggak ada sama sekali perayaan hari pahlawan.udah banyak yang lupa

    BalasHapus
  31. masih banyak para pahlawan yangbengkalai alias tidak mendapatkan perhatian dari pemerintah, ibarat kacang lupa sama kulitnya

    BalasHapus
  32. wkwkwkwk ada ada saja dikau ni :D
    sejarahwab baru ni :P

    BalasHapus
  33. semoga pemerintah lebih memperhatikan para veteran kita agar mereka dapat hidup layak...

    BalasHapus

Anda dapat berkomentar terkait artikel diatas dan isi komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator.

Dilarang berkomentar dengan tidak sopan, kasar, berisi fitnah, berbau SARA, SPAM dan OOT. Setiap komentar yang masuk akan dimoderasi dan akan diterbitkan jika sesuai dengan ketentuan yang berlaku.